.

Senin, 28 November 2011

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERKEMAHAN SANTRI


Blora,  Sebanyak  235 santri Putra dan putri Pondok Pesantren kabupaten Blora megikuti kegiatan Perkemahan Santri Mustika yang dilaksanakan  tanggal, 18 s/d 20 November 2011 di bumi Perkemahan Gugus Depan Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiworejo Kec. Jiken Kabupaten Blora.
<span class=”fullpost”>
Santoso, selaku bantara yang ditunjuk menggembleng peserta perkemahan mengatakan bahwa kegiatan perkemahan bertujuan untuk membina diri para pramuka untuk menjadi insan yang tangguh dalam menghadapi segala tantangan, hambatan dan rintangan hidup  juga tanggap yang berarti cerdas dalam mensikapi segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya dan cermat dalam mengambil langkah dan tanggon, sehingga ada nilai lebih yang dimiliki pramuka santri dibandingkan dengan siswa lainnya.
Sementara itu K. Drs. Nawawi selaku pengasuh  Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiworejo Jiken mengatakan bahwa tantangan pendidikan masa sekarang makin komplek, apalagi mendidik anak pada lembaga pendidikan yang ada di Pondok Pesantren, oleh karena itu dibutuhkan kegiatan yang dapat menyalurkan jiwa dan kreatifitas santri, sehingga anak menjadi siswa yang cerdas, kreatif dan tentu saja berakhlak mulia.
Digalakkannya program pendidikan yang menanamkan karakter bagi anak didik disebabkan adanya indikasi bahwa kenakalan remaja  seperti pergaulan bebas, narkoba, tawuran antar pelajar dan sebagainya semakin mengkhawatirkan, demikian ulasan Fathul Himam, S.Ag. MPd.I selaku Kasi Pekapontren Kan Kemenag Kab. Blora dalam sambutannya mewakili Kan Kemenag. “ Pondok Pesantren merupakan pilar pendidikan di tanah air yang telah menanamkan pendidikan karakter, yakni karakter sebai muslim yang berakhlakul karimah sehingga menjadi Rohmatan Lil ‘Alamiin” tambah Pegawai Kemenag yang sekaligus Anggota Kwarcab Kab. Blora.
Bapak dari dua anak yang  pernah menjadi Bantara di waktu SMA ini juga mengatakan bahwa Pendidikan Pramuka sejak dini mengajarkan  anak untuk jujur, bertanggung jawab dan bekerja sama, jadi kalau semua santri aktif berlatih pramuka, nanti pada saat dewasa dan terjun di masyarakat akan menjadi orang yang berperan penting dalam lingkungannya. (gie)</span>